Langsung ke konten utama

Balada Anak GTM (Include mpasi recipes)

Beberapa bulan yg lalu, saya melihat status update teman yang berbunyi "GTM oh GTM". Awalnya saya tidak bgitu ngeh  apa itu GTM, tidak mencari tau dan tidak peduli dengan istilah itu. Ternyata eh ternyata, beberapa bulan kemudian saya mengalaminya T_T.. Dan akhirnya paham, knp teman saya membuat status itu.
GTM alias gerakan tutup mulut adalah perilaku bayi yang gak mau makan. Karena dia belum bisa protes dengan berbicara, makanya ditunjukan dengan cara tutup mulut. Ini adalah suatu dilema dalam pengasuhan anak. Kalau anak saya, udah mulutnya gak mau dibuka, kepalanya geleng-geleng, bahkan kalau kita kurang waspada dan gesit sendok makanannya bisa ditumplekin. Hehe
Padahal kan dalam masa pertumbuhannya makanan itu penting, biarpun masih yang paling utama asi, tp du usia 8 bula. ke atas asi sudah tidak bisa mencukupi 100% kebutuhannya.
Banyak hal yang menyebabkan anak GTM, yaitu karena tekstur makanannya yg terlalu padat atau lembek (beberapa bayi di usia 7 bln keatas memiliki kemampuan mengunyah yang berbeda), tidak suka sama makanan, atau sedang tumbuh gigi, dll. Kalau baca dari grup, untuk mengatasi masalah ini harus tau dulu penyebab anak GTM. Nah, dalam kasus saya si fida gak mau makan karena giginya mau tumbuh. Akibatnya hampir sebulan saya cukup stress, dan berat badan saya kurus (bener lho ini gak lebay). Gimana gak kurus, saya cukup stres karena semua usaha sudah saya lakukan, gonta ganti menu terus, semua tekstur sdh dicoba, cara makan dari digendong smbil jalan2 juga sudah, tapi tetep sedikit yang mau masuk mulut. Dan ini berlangsung selama hampir satu bulan. Setelah giginya sudah tumbuh, baru deh lahap lagi makannya. Ditambah saya kasih vitamin, jadi mau makan lagi dia. Alhamdullilah. :D
Dan saya baru mengetahui penyebab GTM-nya setelah menunggu sebulan. Yah pengalaman ya, kalau punya anak lagi gak perlu panik kalau lagi GTM.
Setelah ngobrol sana sini, ternyata kakak ipar, dan beberapa teman saya juga mengalaminya. Kalau kata kaka ipar saya, tenang aja anak GTM itu wajar kok. Makanya ada suplemen penambah nafsu makan anak. Hehe
Yah, itulah serba serbi dalam mengasuh anak, bahasa kerennya klo mengasuh anak mah 'learning by doing'.. :D

Oia, saya mau tambahkan beberapa resep mpasi di postingan kali ini, tapi tidak disertai foto. Karena kalau bikin tidak sempat foto bu ibu. Barangkali ada pembaca yang nyasar ke blog ini trus dapat inspirasi buat bikin mpasi bayinya. :D

Havermut pisang (usia 6m +)
Ini makanan paling gampang, yang sering saya bikin sebagai makanan di pagi hari waktu fida baru bangun atau sebagai cemilan.
Havermut diseduh dengan air panas, kemudian masukan pisang sambil dipenyet-penyet. Siap sajikan.

Nasi tim telur
Bahan:
Beras satu genggam dibuat jadi bubur.
Wortel setengah batang, parut
Buncis secukupnya, cincang kecil
Satu buah tahu, haluskan
Kuning telur satu,kocok (saat usia 9 bln up sudah saya beri putih telurnya juga)
Sejumput daun bawang
Cara  membuat:
Kukus wortel,buncis dan tahu. Setelah itu rebus bubur nasi bersama telur dan daun bawang sambil diaduk sampai matang. Sajikan nasi bersama kukusan sayur dan tahu.

Komentar

  1. Sist bsa minta info merk vitamin penambah nafsu makananya apa ya?

    BalasHapus
  2. Sist bsa minta info merk vitamin penambah nafsu makananya apa ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terdampar dan Tersesat (2)

Okeh, kembali ke cerita PKLP saya di Alas Purwo jilid II yang udah terlalu lama rilisnya (diprotes nih sama si Emak, hehe =P ), maka saya akan kembali mengingat memory akan kejadian lain yang tak terlupakan disana. Yak, sesuai judulnya kita “Tersesat!”  atau bahasa kerennya “Lost In The Jungle” (yang terdampar udah ada di jilid I, J ).  Nah, hari itu memang jadwal kami untuk mengambil data mengenai debit air ke salah satu Gua di dalam hutan yang berada di Resort Rowobendo.  Gua Bashori namanya, dan disanalah salah satu tempat sumber air yang mengalir ke Resort ini. Untuk mencapai gua ini, kita harus masuk tepi hutan di padang  penggembalaan sadengan. Sedikit cerita mengenai padang sadengan, padang penggembalaan ini merupakan habitat dari kawanan Banteng dan rusa, untuk makan dan minum. Tidak hanya itu, merak dan jenis burung lain juga terkadang berada di tempat ini. Karena hutan yang kita lewati  masih merupakan home range (wilayah jelajah) banteng, maka sepanjang jalan tid

Gemblong Semangit

"Gemblong Semangit". Ya itulah sebutan untuk "proyek percobaan" buat gemblong dalam rangka ngisi waktu liburan. hehehe Sebenarnya, awalnya agak malas-malasan juga buatnya, tapi berhubung si bapak udah semangat 45 ngambil ini itu, dan gak berhenti ngoceh klo anaknya gal bantuin, maka diputuskanlah untuk ikut serta meramaikan pembuatan jajanan gemblong di rumah. :D Oia, namanya disebut "gemlong Seamangit" adalah karena baunya yang gosong! Gosong?! yup! itulah yang terjadi di awal proses pembuatan gemblong ini. hehehe Berhubung waktu ngukus ketan ama kelapanya ditinggal, dan seisi rumah gak pada ngeh klo ternyata ibu lg masak ketan, maka terjadilah tragedi gosongnya ketan itu. hehehe ^^v Tapi pas dilihat-lihat masih oke juga tu ketan, maka perjuangan membuat gemblong dilanjutkan. Berhubung yang paling ngebet pengen makan gemblong adalah Bapak, maka yang paling semangat buat numbuk ketan mpe halus adala beliau. Gw?? Seperti biasa, cuma bantuin nyomot2 ketan

Bolu Air (bolu ekonomis, less egg)

Kembali lagi ke dapur saya dengan eksperimen kue bolu. Kali ini saya mencoba membuat bolu air, apakah itu bolu air? Pada umumnya, pembuatan bolu itu pengocokan pertamanya dengan menggunakan mentega/margarin dengan gula dan beberapa telur. sebisa mungkin bolu biasanya menghindari air atau kondisi basah karena dikhawatirkan bolu menjadi batat atau tidak mengembang nantinya. Nah, bolu air ini berbeda. Pengocokannya menggunakan air, dan tidak memakai mentega/margarin sama sekali dalam pembuatan adonannya. Seperti namanya, bahannya menggunakan air. Awalnya saya melihat resep bolu ini dari akun Instagramnya mba tya rahmatya. Katanya enak, dan lagi trend juga di grup ncc. Makanya, saya mencoba membuatnya. Bolu ini juga hanya menggunakan 1 butir telur lho saudara-saudara,, sangat ekonomis bukan?.  Tapi perlu diingat, bahan sp pada resep ini wajib dipakai, karena kalau tidak dipakai, adonan tidak akan mengental dan mengembang saat dikocok. Karena menggunakan air, makanya perlu tambahan sp ini